Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

123

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) – SEO merupakan  sebuah proses yang dilakukan untuk mempengaruhi mesin pencari (Search Engine) memunculkan sebuah situs web dalam hasil pencariannya, fungsinya adalah membuat situs kita berada pada mesin pencari, misal google, tentunya adalah ingin mencari visitor sebanyak banyak nya, dengan banyaknya visitor kemungkinan besar produk kita akan laku dan laris.

Itulah mengapa orang lebih senang melihat website yang berada di halaman 1 dibandingkan halaman 2, orang juga senang di posisi 5 besar pada halaman 1, dibandingkan posisi 10 besar. untuk itu terjadilah kompetisi di beberapa kata kunci yang dirasa berat. itu disebut juga dengan nama optimasi SEO. karena google tidak mungkin sembarangan memasukkan website di halaman 1 atau merekomendasikan nya di halaman 1, pasti banyak sebabnya, salah satunya adalah optimasi yang dilakukan terus menerus.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Dan mengapa ane ingin membahas hal ini,  tadinya ane pikir orang lain sudah tau apa itu SEO, tapi ternyata diluar sana banyak sekali yang belum paham apa itu SEO, bukti nya baru baru ini ane dapat messenger dari teman dan beliau bertanya apa itu SEO, dan banyak yang gagal paham, dikira SEO adalah Sosial Executive Officer, hehe ane juga baru tau kalau SEO ada kepanjangan lain selain Search Engine Optimization. Untuk itu tugas kita adalah menyebarkan informasi dengan baik dan benar, agar orang di luar sana bisa belajar dengan baik.

Ini dia percakapannya sama saya

Konsep Dasar SEO

Mesin pencari google adalah sebuah produk yang ingin menunjukkan kualitasnya, dan tentunya produk google ini ingin memberikan kepuasan kepada layanan mereka

Makanya Pengguna menginginkan supaya website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Jadi, jadikanlah website anda menjadi yang terbaik dengan kata kunci yang anda inginkan. tentunya dengan :

  1. Konten yang disajikan
  2. Struktur dan navigasi
  3. Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
  4. Popularitas

Bisakah Website Saya Masuk Halaman 1 Tanpa Optimasi SEO

Bisa !

Di luaran saya banyak sekali orang yang websitenya masuk di halaman 1 tanpa mereka optimasi SEO, untuk itu cari lah kata kunci yang panjang (Long tail), kata kunci yang persaingannya tidak terlalu besar, dan tentunya dengan konsep dasar SEO yang anda mumpuni, dengan beberapa cara itu anda bisa masuk di halaman 1

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Apa Konsep Dasar SEO nya??

Mesin google akan membaca atau membidik kata atau kalimat di bagian tertentu, yang kita harus paham di situ, ini hanyalah konsep dasarnya, sehingga kita tidak salah memasukkan kata kunci yang dibaca google, bukan hanya google, di beberapa media sosial juga begitu, mesin akan membaca di daerah yang mereka senangi.

Contoh google, mesin google akan membaca di bagian title (judul), deskripsi, meta deskripsi, tagline. belum lagi di artikelnya, yaitu panjang artikelnya, Judul, sub judul, artikel yang tidak copy paste, dan masih banyak lagi. biasanya wilayah itu akan dibaca oleh google. cukup dengan itu saja dengan persaingan yang tidak terlalu kuat, website anda bisa sukses masuk di halaman 1.

Apakah Optimasi SEO Bisa Dilakukan Sendiri?

Pada dasarnya semua orang bisa optimasi SEO, namun banyak pula yang tidak ingin pikir ribet, tinggal panggil jasa SEO, bayar kemudian kerja an selesai, padahal jika anda mengerjakannya sendiri, dan mau bersabar untuk belajar, anda bisa menghemat uang anda, hehe.

Contoh saja, jika anda menyuruh jasa SEO, biasanya jasa SEO akan mengerjakan proyek anda 1 kata kunci, sedangkan target anda ketika di riset memiliki ribuan kata kunci, dan tidak mungkin anda menyuruh jasa SEO untuk mengerjakan ribuan kata kunci tersebut, pasti hanya 1 yang anda suruh mengerjakannya.

Tapi saya tidak menyalahkan anda, itu hak anda, dan apalagi website anda punya struktur yang rumit, dan web anda agar menghasilkan yang terbaik, biar SEO friendly, anda kemungkinan anda harus menyuruh pakar atau ahlinya dalam menyelesaikan masalah anda.

Apa Saja Yang Harus Saya Pelajari?

Ada beberapa komponen utama dari optimasi SEO, dan ingat banyak fatwa fatwa SEO yang bertebaran di pencarian google, anda tidak usah pusing memikirkannya, yang terpenting anda coba saja yang menurut anda cocok dengan anda, dan jika berhasil dan terbukti berarti teori atau fatwa optimasinya SEO nya bisa dikatakan benar.

Karena banyak di luar sana yang mengatakan cara optimasinya lah yang paling benar, kemudian membid’ahkan yang lain, hehehe, bercanda ya..:D

Komponen utama optimasi SEO adalah

  1. Riset kata kunci produk anda
  2. Onpage = Judul, deskripsi, template, tag, URL artikel, meta deskripsi, tagline dan Heading tag (hl, h2, h3, dan seterusnya…)
  3. Link Building
  4. Evaluasi dengan google webmaster tools

Cukup 4 ini anda sudah bisa mengoptimasi website anda agar masuk di halaman 1 google, tentunya ada pelajaran khusus setiap komponen tersebut. pantengin terus website ini ya, karena ada bab khusus optimasi SEO.

Semoga bermanfaat, Salam Didik Arwinsyah SEO

Baca Juga :

LEAVE A REPLY