Kekuatan Niat Mengalahkan Segalanya

62

Percayakah anda dengan kekuatan niat? Adakah setiap amalan yang diterima tanpa niat? Tentulah niat karena Allah Subhanahu Wata’ala semata. Bahkan niat adalah amalan pokok dari setiap suatu amalan. (HR Bukhori)

Apakah niat mempengaruhi rezeki kita? Iya tentu, bahkan keajaiban-keajaiban rezeki bermula dari niat, niat yang tulus karena Allah akan mengantarkan kebahagiaan dunia dan akhirat, niat juga bisa menerobos dan mendahului impian orang lain, walaupun impian kita terkadang dibilang tidak memungkinkan, tapi niat baik bisa mengalahkan segalanya.

Ada sebuah cerita, ada seorang pemuda yang berprofesi sebagai OB atau Office Boy yang sangat berniat ingin berangkat umroh, namanya Budi, pada saat itu si Budi ikut menabung bersama teman-temannya, yaitu tabungan Umroh, Cuma teman-temannya menabung umroh setiap bulannya sebesar Rp. 1 juta, sedangkan si Budi tersebut nabung Rp. 50 ribu/bulan, apa mau dikata? Ia hanya pasrah dan tawakkal kepada Allah, bahkan sangking berniatnya, setiap kali ia pergi melewati mesjid di gang dekat rumahnya, ia seakan melihat ka’bah, kata si Budi seperti itu. Apakah bisa seperti itu? Kalau saya pribadi sihBISA, itu artinya, ia sangat mendambakan untuk pergi menemui panggilan Allah dan melihat ka’bah dari dekat. Tahap niatnya sudah sampai kepada ilusi di matanya.

Kemudian sudah 1 tahun berlalu tema-temannya mempunyai tabungan sebesar Rp. 12 juta, ia si Budi masih Rp. 600 ribu. Waktu terus berputar, namun si Budi tersebut pasrah dan tawakkal, bukankah orang yang bertawakkal Allah akan cukupkan keperluannya (QS 65 :3).

Kalaulah menunggu tabungan tersebut mencapai 18 juta untuk umroh, maka ia harus menghabiskan waktu sekitar 30 tahun baru bisa umroh, kalau segi pemikiran manusia, tentulah itu tidak sebanding dengan tabungan yang dikeluarkan, dan itu juga belum tentu sama harga berangkat umroh sekarang dengan waktu mendatang. Oleh karena itu, apakah ia berputus asa? Tidak, ia terus berikhtiar, bertawakkal dan berniat yang kuat untuk berangkat umroh. Tapi apa yang terjadi? Anda ingat hadits Nabi bahwa “siapa yang memiliki niat yang baik untuk sesuatu yang baik maka Allah akan mempermudahkan urusannya”. Kalau udah urusan begini, niat yang tulus, karena Allah SWT. Pastilah Allah akan menurunkan rahmatnya dan mempermudahkan urusannya. Anda Yakin? Tentulah anda harus yakin.:)

Kembali ke permasalahan si Budi tersebut, ketika itu, disuatu perusahaannya, ada undian berhadiah umroh bagi karyawan, staf, dan manager. Undian tersebutpun diadakan, setelah 2 bulan lamanya menunggu, akhirnya diumumkanlah undian tersebut. Siapa kira akhirnya si Manager bagian Marketinglah yang dapat undian tersebut, yang bernama Fauzan. Namun apa mau dikata, si Fauzan sedang berada di luar negri, dan dipastikan ia tidak akan bisa menerima hadiah untuk berumroh bulan depan. Lalu bincang demi bincang diadakan dibagian Direksi, kemudian sang Direkturpun menelpon si penerima hadiah. “Pak Fauzan, bagaimana dengan hadiah umroh yang anda dapatkan? Sementara anda harus di luar negeri hingga 3 bulan kedepan.” Si Fauzan pun menjawab begini, “Apakah tidak bisa diundi lagi, agar yang lain bisa dapat?”, Balas si Direktur “oh tidak bisa pak, karena sudah peraturan seperti itu, hadiah harus diberikan kepada pemenang, tidak bisa diganggu gugat, kecuali bapak putuskan ke seseorang yang bapak inginkan”. Dengan gampang di Fauzan menjawab “Ok kalau begitu tolong kasihkan hadiah saya kepada office boy kita ya mas Budi”.

MasyaAllah apa yang terjadi, tanpa ragu kami katakan inilah kekuatan niat seseorang yang dapat mengalahkan segalanya, yang bisa cepat mencapai impian, menerobos dan mendahului impian orang lain, yang tadinya harus menabung selama 30 tahun, ternyata dibalas Allah hanya 14 bulan. Akhirnya si OB tadi mas Budi berangkat umroh, mendahului teman temannya yang menabung 1 juta/bulan. Subhanallah, beranikah anda mengatakan ini sebuah kebetulan, hai bro and sist tidaklah ada sesuatu yang kebetulan kecuali Allah telah merencanakannya.

Jadi apa kesimpulan yang bisa kita petik dari cerita ini, kesimpulannya adalah dengan niat yang kuat, pastilah Allah akan mempermudahkan urusan kita, dan Niat yang kuat akan mengalahkan segalanya.

LEAVE A REPLY