Cara Riset Keyword di Google

3943

Cara Riset Keyword di Google – Memilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk produk jualan anda di website merupakan hal yang sangat penting. Jika anda memilih keyword/kata kunci yang salah maka jangan heran jika webiste anda sepi pengunjung bagaikan kuburan. Dan ini sangat sering terjadi di kalangan pemain website olshop, mereka belum mendapatkan orderan dari web nya akibat salah memilih kata kunci.

Oh iya dalam kesempatan kali ini ane akan membahas bagaimana mencari riset keyword di google ya, bukan mencari ide bisnis di google, dibedakan ya..hehe.baik kita lanjutkan.

Kalau webnya sudah sepi pengunjung nanti ujung-ujungnya jadi males jualan online. Kalo sudah males jualan online kemungkinan besar bakalan berhenti update artikel jualan, dan sejenisnya.

Tapi mudah-mudahan dengan membaca postingan ini anda nggak akan berhenti jualan online sampai benar-benar bisa mendapatkan pengunjung yang banyak alias pengunjung tertarget.

Apa Pengertian Dari Riset Keyword?

Riset Keyword atau lebih dikenal dengan riset kata kunci merupakan salah satu bagian dalam strategi SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin pencari. Dengan riset ini anda akan mengetahui calon konsumen anda sering mengetik apa di google, semua terdata di google, dan biasanya anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan kata kunci yang cocok dengan produk usaha anda. Ini sangat fatal sekali jika anda salah dalam menentukan riset keyword produk anda. Makanya anda harus benar benar paham masalah riset ini.

Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketik oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik website atau jualan produk anda.

Sampai disini paham ya..oke kita ke bagian lainnya.

Pembagian Keyword / Kata Kunci

Beberapa jenis-jenis keyword yang saya kenal dari dulu hingga sekarang adalah:

  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword abadi
  4. Keyword musiman

Berikut penjabarannya :

Short Tail Keyword

Short Tail Keyword merupakan kata kunci yang umumnya memiliki satu kata atau dua kata saja misalnya :

  •  Laptop
  • Handphone
  • Jual Laptop
  • Produsen Laptop

Jenis keyword seperti ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sangat sulit untuk bisa bersaing pada keyword seperti ini kecuali anda mempunyai ilmu SEO tingkat Dewa. dan ane sarankan anda yang pemula jangan bermain wilayah ini, hehe..

Long Tail Keyword 

Long Tail Keyword merupakan kata kunci yang umumnya panjang, biasanya minimal 4 kata atau selebihnya misalnya :

  • Produsen Pancake Durian Medan Murah
  • Jual Daging Durian Murah di Jogja
  • dan lain sebagainya

Jika anda masih pemula dalam SEO, maka long tail keyword jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan sobat untuk menguasai posisi teratas mesin pencari (google).

Kekurangan dari long tail keyword adalah trafik yang didapatkan tidak sebanyak short tail keyword. Selain itu juga cukup sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus. Tapi dari segi persaingan sedikit, namun tetap ada pasar.

Jadi tau ya kelebihan dan kekurangannya :
Kelebihannya = Mudah masuk halaman 1 google
Kekurangannya = Trafik cenderung lebih sedikit dibandingkan short tail keyword

Keyword abadi

Keyword abadi adalah sebuah kata kunci yang paling sering/selalu digunakan orang untuk mencari informasi pada google dan tidak akan pernah habis sampai kapanpun

Contohnya kata kunci berikut ini:

  • cara menyembuhkan sakit kepala
  • pembicara internet marketing
  • pakar seo
  • dan lain sebagainya

Keyword musiman

Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat. Biasanya ada kata tahun dan bulannya.

Contohnya kata kunci berikut ini:

  • Hasil pertandingan antara real madrid vs barcelona tahun 2017
  • info pelatihan internet marketing januari 2016

jadi bagaimana teman teman sekalian, sudah paham ya, perbedaannya. kalau belum paham jangan dilanjutkan baca ya, pahami dulu yang point ini setelah itu baru lanjut baca..oke.

Cara Riset Keyword Versi Didik Arwinsyah

Baik, setelah anda paham bagaimana dan apa itu riset keyword dan pembagiannya, sekarang anda harus belajar bagaimana cara riset keyword yang benar versi saya, saya gak menyalahkan yang lain ya, tapi mudah mudahan versi saya membuat anda menjadi lebih paham.

Langkah Pertama : Mencari Riset Kata Kunci

Sekarang anda boleh praktek sedikit mengikuti saya, buatlah minimal 2 kata nama produk anda sesuai dengan kata kunci anda. anda bisa menentukan dahulu apa saja yang sesuai dengan nama kata kunci anda.

Misal :

  • Baju Muslim (2 kata)
  • Jilbab Muslimah (2 kata)
  • Baju Batik (2 kata)
  • Celana Jeans (2 kata)
  • dan lain sebagainya

Kemudian kata kunci anda, yang 2 kata tersebut anda jabarkan kembali menjadi kata yang mendekati dengan kata kunci anda.

Contoh :

Baju

Muslim
Pakaian

Kaos

Akhi

 

Baju Muslim adalah Kata Kuncinya, pakaian dan kaos adalah turunan kata kunci dari baju, sedangkan akhi adalah turunan dari muslim. anda bisa membuat banyak turunan semau anda, karena akan ada perlakuan berikutnya setelah ini..

Langkah kedua = Melakukan Riset Online di Google Trends

Baik, kita fokus yang tadi dahulu, yaitu Baju Muslim, anggaplah Baju Muslim memiliki beberapa turunan kata kunci tersebut, yang telah kita buat sebelumnya, kemudian kawinkan kata kunci tersebut setiap katanya

Contohnya akan menjadi seperti ini : Baju Muslim, Pakaian Muslim, Kaos Muslim, Baju Akhi, Pakaian Akhi, dan Kaos Akhi

Silahkan anda buka google trends, dan masukan tiap turunan kata kunci tersebut, syaratnya cuma satu, jika ada datanya alias ada minat seiring waktu, maka ambil sebagai kata kunci, dan jika tidak ada datanya silahkan dibuang, atau di cek kembali di google suggest.

Contoh pada kata kunci Baju Muslim akan terihat data di google trends pada gambar berikut :

Cara riset keyword di google

Perhatikan yang dilingkari, pastikan wilayah Indonesia jika kata kunci anda target nya adalah bahasa Indonesia, dan cek di 12 bulan terakhir, jika ada data sebagaimana tanda panah merah, maka kata kunci tersebut silahkan diambil dan dicatat. anda bisa juga bandingkan dengan kata kunci turunan yang lain,.

Langkah ketiga = Melakukan Riset Online Dengan Google Suggest

Sebelum kita melangkah ke google suggest, pastikan setiap akun google di chrome ataupun firefox dalam keadaan off, serta history, cookies, dan cached segera dihapus, agar hasil yang di suggestkan akan objective.

Riset dengan google suggest versi tools gratisan anda bisa menggunakan :

  • http://ubersuggest.org
  • http://keywordshitter.com
  • http://keywordtool.io

Untuk menggunakan tools gratisan ini akan kita bahas di kesempatan berikutnya ya.

Riset dengan google suggest versi manual ane bagi menjadi 3 golongan :

  1. Suggest di awal kata kunci
  2. Suggest di tengah kata kunci
  3. Suggest di akhir kata kunci

Suggest di awal kata kunci
ini akan masuk di wilayah dengan singkatan BK (Buying Keyword) biasanya akan merunut kesini, tapi tidak semua, misal produsen, distributor, agen, reseller, supplier, jual, beli, harga, pabrik, toko, sedia, jasa, menyediakan, dan lain sebagainya.

tipsnya ketik kata demi kata, huruf demi huruf, dan lihat suggest yang diberikan oleh google.

contoh pada gambar di bawah ini :

Cara riset keyword di google

Itu baru saya ketik a, didepan baju muslim, jika a nya saya ganti menjadi b, maka hasilnya akan berbeda, itu yang dinamakan riset kata kunci dari suggest google di awal kata kunci. anda bisa riset sebanyak banyak nya, dan kumpulkan kata kunci tersebut.

Suggest di tengah kata kunci
Caranya adalah masuk kan 2 kata kunci target, dan letakkan di tengah kursor mouse anda atau diantara kedua kata kunci tersebut, dan ketik a spasi, b spasi, c spasi, dan lihat hasil yang ditayangkan oleh suggest google.

Karena ini berada di tengah, biasanya hasilnya sedikit, namun tentu harus kita perhatikan, bisa jadi ini adalah kata kunci yang benar benar afdhol.hehe

contoh kasus ini :

Cara riset keyword di google

Bagaimana kalau a nya saya hapus, saya ganti menjadi c, maka tampilannya akan seperti ini

Cara riset keyword di google

Baik, sekarang anda pasti mulai memahaminya, kalau begitu kita lihat suggest berikutnya

Suggest di akhir kata kunci
Anda bisa langsung mencobanya, dengan kata kunci anda, dan cek di bagian belakang, dengan spasi. dan biasanya hasilnya adalah kota target atau kelanjutan dari kata kunci tersebut, nah jadi kata kunci ketika diteruskan dengan spasi, maka google akan menyarankan beberapa lanjutan kata kuncinya.

Mari lihat di gambar ini :

Cara riset keyword di google

Misal, dari kasus ini, baju muslim ternyata masih ada lanjutannya, yaitu baju muslim terbaru, baju muslim anak, baju muslim modern, dan lain sebagainya, anda bisa cek, satu demi satu, melalui abjad.

Baik, itulah hasil beberapa dari google suggest yang ditampilkan oleh google. anda melakukan ini secara struktur dan rapi jauh lebih baik dan ane menjamin justru kelihatannya ribet, pada dasarnya anda telah memangkas waktu anda dalam hal sia sia.

Langkah keempat = Menentukan Rumus BK + KK + KT

Sebelumnya ane sudah menyinggung sedikit mengenai singkatan ini, BK adalah Buying Keyword, KK adalah Kata Kunci, sedangkan KT adalah Kota Target.

Mengapa dengan rumus ini, terus terang rumus ini sudah populer ane berikan di beberapa materi workshop ane, dengan adanya rumus ini, anda bisa langsung membidik target anda tanpa harus mengumpulkan seluruh data yang terkumpul pada saat riset.

Baik, kita akan praktek sedikit, silahkan tentukan dahulu target BK nya atau Buying Keywordnya, misal dalam hal ini adalah JUAL. kemudian tentukan KK nya atau Kata Kuncinya, dalam hal ini adalah Baju Muslim Terkini, mengapa, karena posisi suggest nya berada di urutan bawah, saran ane ambillah kata kunci urutan yang di bawah dahulu, agar persaingan belum terlalu kuat. Dan terakhir tentukan Kota Targetnya, saran ane juga pastikan target nya adalah kota domisili anda saat ini, itu dulu, sebab kuasai dahulu lah kota wilayah tempat kita tinggal, baru wilayah orang lain. misal dalam hal ini adalah JOGJA.

Jadi ketika di gabungkan BK KK KT nya adalah Jual Baju Muslim Terkini Jogja. dan jangan lupa anda cek di google apakah ada atau tidak, dan pastikan anda masuk di halaman 1 dengan rumus tersebut.

Langkah ke 5 = Praktek dan Praktek

Ilmu tanpa action sama saja NOL hasilnya, maka selalu saya tekankan, action dan action agar anda terlatih dengan hal ini, siapa pun akan bisa karena terbiasa.

Penutup..

Demikianlah cara riset keyword atau kata kunci versi Didik Arwinsyah. Mudah-mudahan apa yang saya tulis di atas dapat memberikan manfaat buat anda semua khususnya kepada anda yang ingin meningkatkan penjualan di website nya.

Salam Sukses Didik Arwinsyah SEO

BACA JUGA :

 

 

LEAVE A REPLY