Belajar SEO Digital Marketing

532
Belajar SEO Digital Marketing

Belajar SEO Digital Marketing oleh Didik Arwinsyah

Belajar SEO Digital Marketing – Semua tentu sepakat bila saya pastikan Internet Marketing salah satu hal paling penting dalam masa digital ini. Dengan belajar Internet marketing, kita dapat kuasai pasar usaha online secara baik. Bila tidak dapat mengaplikasikannya, kita akan selesai stuck, serta kalah kompetisi.

Kita kemungkinan hadapi serta/atau lakukan internet marketing tiap hari. Tetapi, sebab kita belum seluruhnya belajar inernet marketing dengan dalam, pada akhirnya kita tidak memahami ide penting dari internet marketing tersebut. Itu kenapa sejumlah besar kita sering terbata-bata jalankan usaha serta karier di jagat maya.

Oleh karenanya, saya ingin ajak kita kembali belajar internet marketing dari 0.

Artikel kesempatan ini diperuntukkan jadi session belajar internet marketing dari 0 dimana saya akan membuat tulisan serial yang terdiri dari 4 sisi, yakni:

Search Engine Optimization (SEO)
Social Media Marketing
E-mail Marketing
Konten Marketing
Tiap sisi akan mengulas komponen penting internet marketing yang perlu kita ketahui, ketahui, serta kuasai. Sempatkan diri 10 menit saja untuk membaca tiap bagiannya. Saya harap Anda akan terbantu kuasai deskripsi besar ide super penting ini.

So, for the first part of this week, let’s start the lesson #1

I. Deskripsi Besar
Apa sich SEO itu?
Pertama, silahkan kita pikirkan keadaan berikut:

User A (pemakai internet) ingin mendapatkan info mengenai hybrid laptop yang akan dia beli.
Mesin pencari ingin tampilkan hasil penelusuran paling baik serta berkaitan dengan keperluan itu, supaya yang akan datang User A tetap memercayakan mesin penelusuran itu setiap saat cari info.
Pelaku bisnis laptop ingin tampil di rangking paling atas search results supaya User A memilihnya jadi jalan keluar keperluan, lantas berbuntut pada pembelian yang datangkan uang dan popularitas untuk sang pelaku bisnis.
Jadi faksi yang jalankan usaha di masa digital, pasti kita punya mimpi untuk dapat membuat benang merah yang penuhi kemauan ke-3 faksi dalam keadaan di atas.

Karena itu, kita lakukan rangkaian taktik seoptimal kemungkinan supaya bisa mewujudkannya, khususnya sampai keadaan ke-3 yang sebenarnya (tanpa ada kata “ingin”).

Rangkaian taktik tersebutlah yang diberi nama SEO.

Dari ilustasi di atas, dapat kita simpulkan jika SEO adalah proses mengoptimalkan visibilitas situs pages supaya mendapatkan rangking paling atas dalam hasil penelusuran mesin pencari yang ada.

Kenapa belajar SEO penting dalam usaha online?
SEO for Business

Butuh kita ketahui jika mesin pencari ialah evolusi tehnologi yang hebat dalam skema info. Tetapi, sehebat apa saja performnya, mesin pencari tidak dapat mengetahui web sebagus manusia.

Dalam keadaan itu, SEO dibutuhkan untuk menolong mesin pencari temukan pages yang benar-benar berkaitan jadi hasil penelusuran. SEO-lah yang menginfokan pada mesin pencari tentang “apa yang dibahas page”, dan “sejauh mana page bermanfaat buat users”.

Disamping yang lain, SEO buka jalan buat web yang dicari jadi kelihatan oleh mesin pencari serta diperlihatkan dalam rangking yang baik (tidak terbenam oleh pesaingnya). Dimana semuanya berbuntut pada arah SEO yang akan saya terangkan lebih detil dibagian selanjutnya.

Saat anda belajar internet marketing, belajar SEO ialah hal pertama yang perlu dikerjakan setelah membuat website.

Kenapa?

Dalam mengaplikasikan semua pengetahuan SEO, anda akan dapat kuasai “properti” yang paling bernilai sekarang – Rangking Page halaman 1 mesin perayap khususnya di Google.

Arah SEO
Sekarang, jumlahnya pemakai internet yang manfaatkan mesin pencari terus makin bertambah. Mesin pencari masih jadi media jagoan untuk cari info yang tepat di internet.

Itu berarti, untuk meningkatkan usaha di masa digital semacam ini, kita harus dapat menaklukan mesin pencari.

Nah, arah dari belajar SEO untuk sampai tiga hal yang mengisyaratkan jika kita sukses kuasai mesin pencari, yakni:

1. Traffic

Ada 5 pemain besar mesin pencari di dunia, yakni Google, Yahoo!, Bing, Ask Jeeves, serta Baidu.

Bila link situs pages kita tampil di situs hasil mesin pencari itu, karena itu makin banyak serta seringkali users ditempatkan untuk mengunjunginya.

Ini pasti menggerakkan traffic yang bagus ke web kita.

Makin tinggi traffic, makin populerlah web itu. Makin terkenal web, makin tinggilah ranking-nya.

2. Highest Rangking

Saat web kita sampai traffic tinggi, itu bermakna popularitasnya terus naik. Keadaan itu arahkan mesin pencari mendeteksinya “valuable untuk users”.

Hal itu membuat urutan web dalam search results makin bagus. Link situs pages dapat tampil di halaman pertama serta posisi paling atas search results itu sebagai arah penting SEO.

Dalam urutan terbagus itu, users sering melihat situs kitalah yang paling berkaitan jadi jalan keluar keperluan. Ujungnya jelas, web kita makin kehadiran banyak pengunjung.

3. Money

Traffic yang terus bertambah, menggerakkan rangking ada pada urutan yang mempunyai potensi datangkan traffic makin banyak (kemungkinan Anda bingung dengan kalimat ini, tetapi pada intinya traffic serta rangking mempunyai jalinan yang vice versa).

Dari sana, pundi penghasilan usaha kita ikut makin terisi. Itu berarti, arah SEO juga mendukung keberhasilan usaha dengan finansial.

II. APA LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN DI SEO?
Sesudah berteman serta mengerti deskripsi besar ide SEO, setelah itu kita harus tahu apa yang dapat serta butuh dikerjakan dalam proses optimisasi mesin penelusuran.

4 point Belajar SEO Digital Marketing Yang wajib Anda Ketahui

Berita baiknya, semua dapat kita kerjakan sendiri, atau dengan pertolongan profesional yang pakar di bidangnya.

1. Optimisasi Web

Seorang SEO expertise yang baik akan pastikan website-nya mempunyai design atau susunan yang gampang diketemukan serta ditelusuri (crawl) oleh mesin pencari.

Oleh sebab mesin pencari memandang pages (bukan websites dengan holistik), karena itu pastikan tiap situs pages sesuai dengan serta “akrab” dengan mesin pencari adalah satu kewajiban.

Belajar SEO Digital Marketing

Anda dapat mengerjakannya dengan membuat sitemap yang gampang diketemukan Google, memaksimalkan loading pages secepat-cepatnya, sampai membuat design web yang bagus.

Design yang bagus jadi besar peluang users kerasan begitu lama berkunjung ke situs pages kita, yang mendefinisikan value-nya makin bertambah.

Ingat, design websites bagus berarti tidak sebatas nyaman serta cantik disaksikan, tapi harus juga mempermudah users memakai menu yang ada saat berhubungan dengan situs pages itu.

2. Analisa serta optimisasi keyword (kata kunci (keyword))

Mesin pencari fokus pada query (kata kunci (keyword) yang diinput users pada search bar).

Hal itu memvisualisasikan jika kata kunci (keyword) ialah komponen penting dalam SEO untuk belajar seo digital marketing.

Belajar SEO Digital Marketing

Dengan menebarkan kata kunci (keyword) yang pas di situs pages, karena itu makin maksimal pages itu ada dalam hasil penelusuran.

2.1 Tentukan kata kunci (keyword) yang pas
Kita harus tahu siapa audiens serta sasaran market kita terlebih dulu.

Kita harus dapat memproyeksi keperluan serta apapun yang mereka mencari di internet.

Langkah penting memproyeksinya dapat dengan lakukan pelajari pada pertanyaan masalah ini:

hal apapun yang menarik buat mereka?
apa permasalahan yang mereka mengmelawan?
tipe bahasa apa yang mereka pakai untuk menggambarkan keperluan?
dari siapa mereka memperoleh jalan keluar permasalahan? (pesaing)
Jawaban atas pertanyaan ini dapat menggiring belajar seo digital marketing kita pada daftar kata kunci (keyword) yang pas.

Disamping itu, kita dapat juga memakai banyak alat yang ada gratis/berbayar di internet buat tahu kata kunci (keyword) paling baik untuk optimisasi situs pages. Beberapa referensi paling populer serta paling baik berada di sini.

2.2 On Page Optimization

Saat ini kita telah kantongi kata kunci (keyword) yang paling efisien. Langkah setelah itu mengimplementasikan serta menebarkan kata kunci (keyword) itu di situs pages kita dengan pas supaya bisa lebih “bersahabat” dengan mesin pencari.

Dari bermacam praktik serta riset yang telah berjalan, ada skema peletakan kata kunci (keyword) yang dapat dibuktikan paling maksimal “terbaca secara baik oleh algoritma mesin pencari populer”.

Saya sendiri lebih merujuk pada skema dari Moz, yang kurang lebih merekomendasikan kita untuk tempatkan kata kunci (keyword) pada:

– minimal 1 di title tags

Title Tags ialah apa yang kita baca di tabulasi browser. Title tags harus tepat serta memberi deskripsi penting isi satu webpage.

Mesin pencari tampilkan seputar 65-75 ciri-ciri title tags dalam result pages.

Sisipkanlah kata kunci (keyword) serta sempurnakan dengan menyelipkan merek kita jadi keunikan serta publisitas yang bagus untuk branding).

– dekat top of pages
Kata kunci (keyword) diletakkan dekat sisi paling atas situs page
Kata kunci (keyword) diletakkan dekat sisi paling atas situs page

– minimal 3 di bodi copy
Sebarkan dalam jumlahnya yang cukup (tidak banyak atau sedikit) serta menyebar (jaraknya tidak bersisihan untuk menghindari kesan-kesan perulangan atau monoton). Letakkan kata kunci (keyword) dengan alami supaya content masih enak dibaca serta membuat users kerasan.

– minimal 1 di alt attributes
Diantaranya dapat dengan menyelipkan kata kunci (keyword) pada caption/description gambar yang dipakai. Hal ini membuat situs pages kita masih dianjurkan dalam mesin pencari saat ada users yang cari gambar dengan kata kunci (keyword) yang disebut.

Tetapi bila kata kunci (keyword) di rasa tidak menyambung dengan gambar, jangan sampai dipaksakan.

– 1 di URL
Url tampil dalam search result. Yakinkan url singkat, padat, gampang dicopy-paste, serta menarik untuk di-click
Url tampil dalam search result. Yakinkan url singkat, padat, gampang dicopy-paste, serta menarik untuk di-click

URL ialah alamat satu situs pages yang diperlihatkan di banyak tempat penting.

Salah satunya yang tentu ialah di situs hasil penelusuran. URL bertindak dalam tentukan rangking.

URL yang disenangi serta lebih diambil user ialah URL yang singkat, jelas memvisualisasikan isi situs pages, gampang di-copy-paste dimanapun, visible semuanya dalam situs hasil penelusuran, serta gampang bisa dibaca (minim patokan, angka, serta lambang).

– minimal 1 di meta description tag.
belajar internet marketing
Meta Description dalam search result

Meta description ialah gambaran singkat yang diperlihatkan dalam search results selama 1 paragraf (kurang lebih 140-160 ciri-ciri).

Gambaran itu menerangkan pokok/rangkuman dengan to the poin dari isi link tujuan. Meta description tag tidak selamanya ada atau tersurat dalam webpages.

3. Link Building

Salah satunya hal yang penting dalam belajar internet marketing ialah pandangan mengenai link building di dunia online. Link building dikerjakan dengan optimasi inbound link yang kita punya ke sebanyak-banyaknya web lain yang berkaitan, dapat dipercaya, serta mempunyai potensi menarik pengunjung ke situs pages.

Nah, bila dihubungkan dengan ide SEO, link building yang baik akan arahkan kita lebih visible di search results.

Bangunlah link ke websites terkenal, dapat dipercaya, serta paling dipercaya.

Saat mesin pencari mengetahui link building terkoneksi dengan websites itu, karena itu kita akan dipandang bermutu serta paling dipercaya hingga makin menarik banyak users untuk bertandang.

4. Optimisasi content

Belajar internet marketing mewajibkan Anda unguk pahami tentang content serta langkah optimasi content yang pas. Optimasi content situs pages berarti produktif membuat content yang dapat membuat link serta menganakemaskan users-nya.

Bikinlah artikel yang menarik, unik, serta mengulas hal yang banyak dicari orang.

Yakinkan content enak di nikmati users supaya mereka kerasan serta merasakan akrab dengan web kita, lantas membuatnya jadi sumber info penting.

III. ANALISIS PERFORMA
Sisi proses dari belajar internet marketing ialah analisis hasil dibanding taktik internet marketing kita. Ada 2 langkah umum untuk menganalisa perform SEO, yakni:

– lihat rangking di mesin pencari : perform yang baik, diikuti dengan rangking makin di atas pada halaman makin depan dalam search results.

– memonitor traffic memakai analytics alat :

Dari alat itu kita dapat tahu apa kata kunci (keyword) efisien menarik traffic, darimanakah rujukan orang berkunjung ke situs pages (apa dari link building di situs A, posting website, up-date status di media sosial, serta yang lain).

Analisa perform ini tidak cuma memberi nilai, tapi sekaligus juga jadi bahan yang bagus untuk membuat gagasan SEO setelah itu.

Gabungkan analisa perform ini dengan trend SEO yang tengah bertumbuh untuk memperoleh hasil yang lebih mengagetkan buat usaha kita!

KESIMPULAN
Di artikel ini kita dari mulai basic belajar internet marketing yakni SEO. SEO yang strategis mengoptimalkan visibilitas websites kita dalam mesin pencari results. Dengan belajar SEO, anda jadi tahu bagaimana mengaplikasikan SEO yang efisien supaya pada akhirnya dapat sukses di usaha online.

Kegiatan SEO untuk tingkatkan kata kunci (keyword) serta traffic usaha. Anda bisa dikerjakan sendiri tetapi memerlukan waktu. Oleh karenanya Anda bisa memakai layanan seperti Sribulancer yang mempunyai paket SEO untuk menolong usaha Anda.

Posting setelah itu, kita akan kupas habis mengenai belajar internet marketing sisi 2 yakni Social Media Marketing. Janganlah sampai kelewatan ya!

LEAVE A REPLY