Lebaran Idul Fitri 2017

373
Lebaran Idul Fitri 2017

Lebaran Idul Fitri 2017

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu Akbar, Laailaahaillahu Wallahu Akbar, Allahu akbar Walillah ilhamd..

Gema suara takbir sudah terdengar di telinga, mendakan besok hari lebaran Idul fitri 2017, bagi ane tentu saja ini lebaran ke 7 ane setelah menikah, dan lebaran ke 11 tahun ane di perantauan Jogja, rasa rasanya kangen yang mendalam untuk pulang ke kampung halaman di hari raya lebaran ini, namun karena kedua orangtua sudah tidak ada lagi, maka rasa nya akan lebih afdhol jika pulang kerumah mertua, bukankah mertua juga adalah orangtua kita.

Lebaran Idul Fitri 2017

Pagi hari sudah memanggil manggil kami di sela subuh, kami pun bangun bersama anak dan istri, keluarga, ibu dan baoak mertua sudah siap duluan, lebaran kali ini ane ditemani beberapa teman dari medan yaitu mas fadlan dan mas roni, mereka ikutan lebaran di jogja, dan bisa berkumpul bertiga itu sesuatu banget bagi ane, ketemunya di jogja lagi,,hehe

Nah seperti biasa kita akan salat Ied nya di lapangan Rin, lapangan ini merupakan lapangan favorit masyarakat magelang dan sekitarnya untuk melaksanakan salat idul fitri, karena luas dan biasanya ada tamu istimewa yang datang, seperti pak sutioso, mantan gubernur Jakarta.

Lebaran Idul Fitri 2017

Apa sih hukum salat Ied itu? jumhur ulama mengatakan salat ied itu hukum nya fardu ‘Ain, makanya teman teman yang tidak berhalangan usakan salat ied ya, kan juga cuma 1 tahun sekali salat idul fitrinya..hehe.

Sepulang dari salat ied, kami sekeluarga biasanya akan sungkeman terlebih dahulu, meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah dilakukan kepada kedua orangtua, dan mertua, agar dossa dosa terhadap manusia bisa dimaafkan dan kita bisa kembali suci fitrah sebagaimana dilahirkan dari kedua orangtua kita, putih bersih tanpa dosa,.

setelah sungkeman, seperti biasa, yang belum kenyang, silahkan makan ketupat lagi, dan acara selanjutnya yaitu ke tempat tetangga tetangga untuk menjalin silaturahmi, dan salam salaman, saling memaafkan..terkadang hal yang sepele bisa menjadi besar, apalagi sesama tetangga,.bukankah lebih baik kita saling memaafkan, agar hidup terasa lebih indah.

Lebaran Idul Fitri 2017

Setelah ke tetangga, maka acara intinya adalah seluruh keluarga dari mbah, kumpul di sawahan, dan tentunya saling memaafkan dan menjalin, menyatukan rasa persaudaraan,. bagi ane di magelang adalah lebaran terbaik sepanjang sejarah, karena tidak ada seistimewa di magelang, ane pun sangat bersyukur dan bahagia bisa berlebaran di magelang, semoga kita semua dilimpahkan rahmat Allah dan dipanjangkan umurnya untuk kebaikan kebaikan, serta memberikan manfaat kepada orang orang disekitar kita.. Amin ya rabbal ‘alamin

 

LEAVE A REPLY