Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

6203
Cara Mencari Teman Tertarget di facebook

Cara Mencari Teman Tertarget di Facebook

Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook – Facebook masih menjadi senjata ampuh dalam berjualan, fiturnya yang lengkap dan selalu istiqomah dalam peringkat di alexa, lihat saja di alexa.com, saat ini berada di posisi 4, serta posisi 1 dalam sosial media terpopuler saat ini, itu yang membuat para pembisnis online mengalihkan pandangan nya ke facebook, sudah banyak yang sukses karena facebook, jangan orang lain saja yang sukses, saatnya anda pun bisa. dan yang paling disenangi oleh fitur facebook adalah bisa membidik pertemanan sesuai target alias pertemanan tertarget.

Baik, langsung saja, apa saja yang perlu kita persiapkan untuk mendapatkan pertemanan tertarget sebanyak 5000 pertemanan adalah

  1. Tentukan dahulu siapa target market anda, anda harus tau secara jelas, agar tidak salah dalam penentuan target market.

Sesuaikan usia, pekerjaannya, kegiatannya sehari hari, ada dimana mereka kalau berkumpul, apa kesukaan mereka, tinggal dimana mereka, dan masih banyak lainnya.

Ini mendasar, dan harus wajib anda ketahui, berapa banyak mereka yang bermain facebook marketing gratisan salah membidik target pasar, sehingga usaha nya pun sepi, dan ujung ujungnya akan bangkrut, anda tidak mau seperti itu kan???

Misal : Anda jualan Hijab, pastikan target market anda adalah orang yang menyukai jilbab/hijab, salah satu cirinya adalah ia melakukan like fanpage mengenai jilbab, atau hijab, pastikan juga target market anda adalah seorang hijaber, dan tentunya adalah wanita

Begitu juga anda jualan baju bola real madrid misalnya, pastikan target market anda adalah mereka yang menyukai ronaldo, CR7, Bale, Modric, Zidane, atau mereka yang membenci viralnya alias barcelona, laki laki, dan lain sebagainya.

Oke paham sampai sini.

2. Setelah itu anda tinggal mencari target market anda tersebut di Facebook, kemudian jadikan mereka teman, dan add mereka

Kenapa mesti di ADD? yes pastinya anda tau jawabannya yaitu agar mendapatkan pertemanan, setelah anda mendapatkan pertemanan, hal berikut yang harus anda lakukan, yaitu pendekatan, dengan like statusnya, comment statusnya, lakukan tidak hanya sekali, tapi berulang ulang, buat konten yang bermanfaat juga bagi mereka, setelah itu barulah anda berjualan, dan ingat, fokus tetap pada pendekatan.

Sebenarnya bisa juga tanpa harus di add, dan anda menunggu mereka mengadd duluan, tapi ingat, bagi pemula, yang temannya masih sedikit dan tidak tertarget, ya tentunya anda harus JEMPUT BOLA, dan jangan pernah menunggu. bukankah menunggu itu sakit, hehe.:D

3. Ayuk Praktek Menemukan Orang Yang Tertarget

Pastikan yang anda ADD adalah orang yang benar benar tertarget, bukan asal add saja, jika itu bukan calon teman tertarget anda, jangan di ADD, ingat, percuma banyak teman kalau tidak tertarget, hanya buang buang waktu dan lelah tentunya.

A. Oke, silahkan log in ke facebook anda, lalu klik bagian kanan atas pojok (segitiga  terbalik), dan klik bagian setting (bahasa inggris) atau pengaturan (bahasa Indonesia)
B. Ganti pengaturan bahasa menjadi English United State (US)
Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

C. Pastikan di bagian pencarian, sampai berubah menjadi “SEARCH”
Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

D. Kemudian ADD mereka dengan menggunakan Kode pencarian di facebook
Misalnya anda menjual produk baju wanita, celana wanita, dan serba serbi pakaian wanita, nah target pasar anda tentu adalah wanita, ya kan?? tidak mungkin laki laki, hehe. maka biar jualan anda berpengaruh di facebook, maka carilah pertemanan wanita sebanyak banyaknya.

Cara mencarinya bagaimana??

Silahkan ketik dengan kode pencarian facebook “People Who Are Female” yang artinya adalah orang yang berjenis kelamin perempuan/wanita. masukan di search seperti gambar ini, maka facebook akan mengeluarkan atau merekomendasikan wanita di facebook.
Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

Dan jangan lupa klik bagian People ya, bukan yang lainnya.

Kalau people who are female kan perempuan secara umum, bagaimana jika target nya adalah perempuan namun bukan dari pertemanan kita, maka tinggal diganti saja kode nya atau tulisannya menjadi “Female who are not my friends”

Maka akan menjadi :
Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

Maka akan muncul perempuan atau wanita yang bukan teman anda, dan ingat jangan lupa klik bagian people nya.

Oke sampai sini saya rasa, anda sudah mulai paham, benar kan?? kalau begitu silahkan ADD mereka sebanyak mungkin, tapi ingat, satu hari dibatasi ADD friends nya, karena biar tidak dikira spam oleh facebook.. kalau bisa sehari 100 ADD pertemanan saja, tapi di senggang waktunya, misal pagi 20, siang 20, agak sore 20, sore 20, dan malam 20, lakukan terus.

Bayangkan jika anda punya teman tertarget sebanyak 5000 pertemanan di 1 akun anda, sementara anda memiliki banyak akun, WOW silahkan dipikirkan sendiri, maka penjualan anda akan meledak dahsyat, laris manis..saya amin kan dari sini ya..:D

INGAT : Ini penting!
Setelah 5 hari, anda cek kolom “Friend
Request”. Karena banyak orang – orang yang
anda ADD tapi belum di accept/diterima pertemanan oleh mereka.
Batalkan aja request pertemanan anda. Jangan
sampai kotak friend request anda penuh. Jadi,
HAPUS SEMUA FRIEND REQUEST yang belum
approve.

Karena nanti akun anda dianggap melebihi batas facebook, dan akun anda akan di banned oleh facebook, kaena bagi mereka itu adalah melanggar peraturan facebook dan dianggap spam.

E. Bagaimana Jika Targetnya Adalah Kota
Oke, biar anda tidak terlalu ribet memikirkannya, dan jika anda sudah menemukan pola nya, maka sangat gampang anda mencari susunan kata kunci yang nantinya akan diletakkan di SEARCH facebook.

Setiap kali melakukan pencarian di facebook
Selalu tulis “Who Are Not My Friends”

Kenapa, karena anda mencari calon teman, atau yang belum anda ADD, soalnya nanti kalau tidak digunakan kode tersebut maka yang keluar adalah pertemanan anda semua.

Dan ketika targetnya adalah kota, maka tambahkan “anda live in blablabla” ganti blablabla dengan kota target anda.

Misal target anda adalah wanita dan tinggal di kota jakarta, maka susunan kalimat nya adalah “female who are not my friends and live in jakarta”

Perhatikan gambar di bawah ini :

F. Gunakan Tools Gratis Dari Facebook

Tools ini adalah untuk memudahkan anda menemukan calon pertemanan anda, dan ingat ini hanya bisa dilakukan di Pc atau laptop, untuk hp/android belum bisa. dan tools ini khusus pengguna di Chrome bukan Firefox.

Anda bisa download melalui LINK ini :
DISINI
*Downloadnya pakai laptop & google chrome ya

Nanti anda akan menemukan halaman semacam ini :

Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

Silahkan di klik added to chrome, kemudian klik add extension atau tambahkan ekstensi sampai terlihat hasil instalannya di pojok atas kanan gambar bawah ini

Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

Jika sudah muncul ICON diatas maka sudah dipastikan tools nya sudah aktif dan bisa anda gunakan.

G. Bagaimana Cara Menggunakan Tools Facebook Search

Silahkan di klik tools facebook searchnya, dan perhatikan bagian people nya, ada banyak bagian yang perlu anda pahami :

Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

Dari People ini anda bisa memantau beberapa kriteria yang sesuai dengan target market anda, misal mulai dari name jika itu penting bagi anda, ia menyukai apa (Like), Pekerjaan nya apa (Job), Tinggal dimana, atau pernah tinggal dimana (Lives), Teman dari siapa, atau anda mentargetkan yang bukan dari teman anda (Friends With), Gabung di group apa (Group Member), Umur, bisa anda targetkan umur dari 20 s.d 40, nanti anda tentukan Less than, Greater than, dan equal to (Age Is), dan lain sebagainya.

Baik kita bahas satu per satu.

NAME IS

Fitur ini sepertinya cocok ketika anda berjualan mentargetkan nama seseorang, misal anda ingin langsung kena target nama orang, maka name is adalah kriteria yang bagus untuk anda.

Misal anda berjualan Baju Kaos Sablon Satuan, Dengan Target salah satunya adalah nama, contoh namanya adalah AGUS, maka di kaos tersebut anda sablon dengan tulisan, “Nama Agus Adalah Nama Terbaik Saat ini” , maka tentu saja yang bernama agus pasti rasa rasa nya mau membeli produk tersebut, karena telah memujinya, heheh

LIKE

Seperti yang saya singgung sebelumnya, misal anda adalah penjual jilbab atau hijab, tentunya target market anda adalah orang yang menyukai jilbab, ya kan?? nah jilbab atau hijab apa saja yang disukai orang di fanpage?? anda bisa mengeceknya di facebook search atau di gambar bawah ini :

Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

Dan ingat pastikan anda klik PAGE, karena target nya adalah fanpage..Jangan lupa, lihat dulu fans page nya. Apakah aktif atau tidak? apakah banyak liker nya atau tidak? apakah sudah sesuai dengan target market anda?? apakah berada di Indonesia? dan jangan sampai salah bidik, soalnya banyak fanpage yang liker nya adalah orang luar semua.

JOB 

Misal jualan anda adalah peralatan sekolah, seragam sekolah, pekerjaan ini sangat penting bagi anda, karena rata rata yang ingin membeli peralatan sekolah adalah para guru guru, kepala sekolah, dan lain sebagainya, jadi anda bisa memilih JOB nya adalah Guru.

Silahkan anda pikirkan sendiri, apa target market anda.siap???

LIVES

Untuk lives anda bisa cek dahulu, di google trends, karena disitu anda bisa melihat data kota atau provinsi yang paling banyak mencari produk tersebut. yah tentunya untuk produk yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia, jika tidak bisa dikirim misal jualan makanan yang tidak tahan lama, berarti anda berjualan khusus di kota domisili anda saja.

misal saya ketik di google trends “Pancake Durian” dan tentunya di wilayah Indonesia dengan kategori 12 bulan terakhir. maka kota yang paling banyak peminatnya adalah

Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

Perhatikan yang di kotaki merah, terlihat bahwa kota paling banyak yang cari adalah Medan, diikuti oleh Jakarta, Surabaya, Makassar dan Bandung..

Maka jika anda berjualan pancake durian, ambilah lives nya yang kota tersebut..paham ya??? saya rasa anda paham..

FRIENDS WITH

Bagi anda yang ingin mencari pertambahan pertemanan, tentunya mencari yang bukan bagian dari teman, maka anda silahkan klik bagian yang not me, seperti gambar berikut :

Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

GROUP MEMBER

Misal anda membidik para pembisnis online, biasanya mereka akan ngumpul di beberapa group di facebook, group apa saja itu?? silahkan anda cek dan ricek seperti gambar di bawah ini

Cara Mencari Teman Tertarget Di Facebook

Anda bisa pilih group mana yang cocok anda dapatkan orang orang nya, anda masukan ke group member yang ada di tools facebook search tersebut.

AGE IS

Target umur bisa anda lihat targetkan sesuai dengan produk anda, misal targetnya adalah umur 20 sampai dengan 40..berarti anda bisa klik di bagian less than 40 dan greater than 20.

GENDER

Sebelumnya kita sudah bahas bagaimana cara mencari pertemanan target marketing perempuan yang bukan dari teman, maka kita tinggal klik female who are not my friends, nah dengan adan nya fitur GENDER anda bisa langsung menembak sesuai dengan target anda apakah laki laki atau perempuan.

SPEAKS 

Anda bisa menyesuaikan target market anda yang ini, misal anda target orang jawa, maka tentu adalah mereka yang bisa berbahasa jawa.. ngomong bahasa jawa, dan lain sebagainya.

DAN LAIN SEBAGAINYA, anda bisa tentukan sendiri semau anda. ingat jangan buat facebook 1 akun saja, melainkan banyak, karena hilang satu maka tumbuh seribu.

Oke, semoga ilmu ini bermanfaat bagi anda, dan untuk memanagemenkan akun facebook, akan saya jelaskan dilain kesempatan.

SAlam Sukses luar biasa, Didik Arwinsyah SEO.

 

LEAVE A REPLY