Belajar SEO WordPress

152
belajar seo wordpress

Belajar SEO WordPress Pemula

Belajar SEO WordPress – Ada banyak trik SEO untuk mendongkrak web anda, baik itu dalam bentuk platform wordpress ataupun yang lainnya, beberapa diantaranya adalah mengatur keyword di title, deskripsi atau artikel, tagline, dan lain sebagainya, Dibawah ini kami sediakan beberapa tips SEO wordpress bagi anda seorang pemula sekalipun, cek it out.

Berikut Cara Optimasi SEO WordPress

1. Instal Plugin SEO WordPress (SEO by Yoast)

Hal yang paling utama untuk meningkatkan SEO wordpress anda maka sebaiknya anda harus menginstal terlebih dahulu SEO by Yoast, walaupun ada juga dengan menggunakan All in One SEO Pack, tapi untuk seorang pemula sebaiknya gunakan terlebih dahulu SEO by Yoast karena lebih simple dan mudah diterapkan terutama bagi seorang newbi.

belajar seo wordpress

2. Setting Title dan Tagline Anda 

Di WordPress ada 3 yang bisa anda optimasi SEO, yaitu di homepage nya, kategorinya dan juga di artikelnya, nah untuk hompage nya anda harus bisa terlebih dahulu mengatur site title dan juga tagline nya.

Untuk title silahkan masukan Kata kunci target anda, misal target kata kunci saya adalah Pembicara Internet Marketing, maka di site title saya harus masukin kata kunci pembicara internet marketing.

Belajar SEO WordPress

Sementara untuk tagline nya adalah masukin turunan dari kata kunci target tersebut yaitu misal pembicara turunannya bisa trainer, pelatihan, pakar, ahli, dan lain sebagainya.

3. Optimalkan Permalink

Secara umum, wordpress menghasilkan permalink yang cukup panjang, terutama berupa tanggal, bu;an dan tahun di url nya. Contohnya seperti dibawah ini.

http://didikarwinsyah.com/2018/01/23/judul-postingan

Sedangkan permalink yang disukai google adalah permalink yang mengandung keyword, kata kunci target, nah agar tidak bertele tele menghasilkan permalink yang sesuai target, maka kami menyarankan kepada anda untuk menggunkan langsung permalink dengan tanpa tanggal, bulan dan tahun seperti contoh di bawah ini :

http://didikarwinsyah.com/judul-postingan.html

Caranya adalah anda bisa mengeklik di Setting–> Permalink, kemudian bisa memilih dibagian custome structure dan tambahkan html di belakangnya.

belajar seo wordpress

4. Optimalkan Riset Kata Kunci

Ingat, kata kunci adalah sumber dari suksesnya anda dalam bermain SEO, jika anda mendapati kata kunci yang sangat berat, apalagi anda seorang pemula, maka kami sarankan untuk menghindarinya, carilah kata kunci yang persaingannya belum terlalu berat, dan jangan juga mencari kata kunci yang tidak ada mencari.

Anda bisa menggunakan kwfinder.com, keywordrevealer.com, disitu anda akan melihat tingkat persaingan dari kata kunci yang anda buat, dan anda pun bisa melihat berapa banyak pencarian nya dalam sebulan.

5. Letakkan Kata Kunci Postingan 

Dengan plugin SEO by Yoast maka anda akan diarahkan untuk menganalisis dan merekomendasikan kata atau kalimat mana saja yang kurang di setiap artikel yang kita buat.

6. Masukan Site Title di SEO By Yoast

Dengan fasilitas dari site title untuk postingan, anda dapat memasukan kata kunci target anda di site title tersebut, dan ingat harus sesuai dengan isi artikel ya, hehe. misal di artikel ini saya memasukan kata kunci “belajar seo wordpress pemula” maka di site title saya masukan kata kunci tersebut. dan boleh ditambah asal tidak lewat dari 75 karakter.

belajar seo wordpress

Selain kata kunci kita masukan di site title untuk SEO, site title juga berpengaruh pada Click Through rate, jadi buatlah semenarik mungkin.

7. Masukkan Meta Description

Setelah anda memasukan site title, kemudian anda bisa masukan meta deskripsi dibawahnya, dan ingat ada banyak metode dalam menulis di meta deskripsi, diantaranya adalah dengan koma spasi 10 kata kunci target, atau sebuah kalimat, dan ketika saya ditanya mana yang lebih benar?? maka saya katakan semuanya benar, tinggal anda mau mencontoh yang mana.

belajar seo wordpress

8. Gunakan Header (H1, H2 dan H3)

Biasanya google akan merayapi artikel dengan header seperti H1, H2 dan H3, dan seterusnya untuk meningkatkan relevan dari konten anda.

Unuk judul sendiri secara default sudah terdapat H1, nah bagi anda yang memberikan sub judul atau pun bagian dari sub judul maka bisa anda masukkan H2 dan H3 nya disana.

9. Masukan Kata Kunci di Gambar

Agar gambar bisa juga muncul di pencarian google, maka gambar yang anda upload di web anda harus menggunakan kata kunci target dari anda, agar gambar anda pun bisa muncul di pencarian gambar pada google.

Caranya anda letakan kata kunci di ALT Text atau di Title pada gambar

belajar seo wordpress

belajar seo wordpress

10. Tambahkan Keyword di Paragraf Pertama

Silakan untuk menambahkan keyword di paragraf pertama, jika memungkinkan. Hal ini karena Google akan melakukan perayapan dimulai dari paragraf pertama. Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, jika belum menambahkan keyword di paragraf pertama akan ada pemberitahuan, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini dengan tanda berwarna merah.

belajar seo wordpress

11. Masukan Inbound Link atau Internal Link

Salah satu pondasi dalam SEO web adalah adanya internal link yang terjadi di web anda, agar bounce rate nya menjadi kecil, orang yang berkunjung di web anda akan berlama lama di web anda karena banyaknya artikel link yang menuju ke link web anda juga,.inilah yang dinamakan dengan internal link

belajar seo wordpress

12. Lakukan SITEMAP XML

Caranya adalah anda bisa mengunjuni google webmaster tools anda masing masing sesuai dengan web anda, kemudian anda bisa klik Crawl dan SITEMAP, dan masukan kode sitemap untuk wordpress, yaitu sitemap.xml dan refresh

belajar seo wordpress

13. Bangun Backlink

Nah untuk pembahasan backlink akan saya bahas dikesempatan berikutnya, intinya setelah anda menyelesaikan pondasi web dengan baik dan kaidah Yoast sesuai dengan peraturan yang ada, setelah nya anda cukup melakukan link building di website anda. Dan tunggu hasilnya. Web anda akan mulai naik secara perlahan di page one.

KESIMPULAN

Performa SEO WordPress dapat Anda tingkatkan melalui beragam cara. Nah, 13 tips ini kami hadirkan kepada anda mudah mudahan ilmu ini bermanfaat dan bisa di aplikasikan dengan baik dan benar.

SAlam saya Didik Arwinsyah SEO.

 

Baca Juga :

SHARE
Previous articlePekan Raya SEO

LEAVE A REPLY