Apa Itu Bounce Rate Dalam Google Analytics

170
Apa itu bounce rate

Apa Itu Bounce Rate – Menarik perhatian di dalam google analytics adalah mengenai bounce rate, banyak sekali pertanyaan yang masuk mengenai bounce rate, apa itu bounce rate sendiri dan apa penyebabnya jika bounce rate mengalami peningkatan, apakah berpengaruh di search engine?? ataukah hanya sebatas analisa saja dalam google analytics.

Baik saya akan mencoba menjawa pertanyaan ini di dalam tulisan ini, oh iya jika anda sudah mulai melihat data dari google analytic tentunya anda pasti sering melihat istilah bounce rate, Bounce Rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan situs/situs (blog) anda hanya buka satu halaman saja. Contoh, pengunjung itu buka halaman paling utama situs/situs (blog) atau halaman spesifik situs anda, namun tidak buka halaman yang lain. Dengan begitu semakin sering pengunjung melakukan itu, artinya bounce rate anda semakin besar persetase nya, dan itu akan kelihatan jelek dimata mbah google.

apa itu bounce rate

Oleh karena itu, ajak pengunjung untuk melihat lihat halaman web anda yang lain, tidak serta merta halaman itu saja kemudian keluar dari web anda, dengan begitu bounce rate anda pun akan mengalami penurunan alias persentase nya menjadi kecil, dan tentu itulah yang disukai mbah google.

Banyak faktor yang menyebabkan itu terjadi, misal diduga pengunjung tidak mendapatkan informasi yang mereka harapkan, atau juga loading web anda yang terlalu berat alias lemot, sehingga pengunjung merasa bosan dan menutup halaman di web anda. Dan itu sangat di sayangkan sekali. Makanya saran saya, jika menulis sebuah artikel yang dicari orang lain, pastikan artikel kita benar benar menjadi bahan yang dicari oleh pengunjung.

Bagaimana Hitungan Matematikanya Bounce Rate??

Rumus bounce rate= (jumlah pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman/jumlah total kunjungan) x 100%

Misalkan blog anda dikunjungi 200 ribu pengunjung per bulan. Pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman berjumlah 80.000.

Berarti bounce ratenya adalah = (80.000/200.000) X 100% = 40 %

Tapi tenang, anda tidak perlu menghitung bounce rate web anda, karena sudah dihitungkan secara automatis oleh google analytics

Berapa Bunce Rate Yang Disukai Google??

Mindset nya adalah semakin kecil bounce rate anda maka tentu semakin disukai oleh google, tapi idealnya adalah tidak lebih dari 15%, tapi tergantung juga dari tampilan web anda, apakah web anda hanya satu halaman saja, tentu saja bounce rate nya pasti 100%, namun jika web anda terdiri dari beberapa halaman maka itu juga tergantung dari seberapa menarik web anda dikunjungi oleh pengunjung, oleh sebab itu, lakukan secara berkualitas agar web anda menjadi bahan yang cocok oleh pengunjung, dan pengunjung web anda merasa betah dengan web anda.

Nah sekarang bagaimana caranya agar web anda terus mendapatkan persentase yang rendah bounce rate nya, yaitu anda bisa melakukan beberapa aktifitas di web anda, misal :

  • Update artikel yang berkualitas
  • Internal Link di setiap artikel anda
  • Menambah Page
  • Membuat desain web yang menarik
  • Buat Artikel yang interaktif
  • Buat akses web anda menjadi lebih cepat
  • Dan masih banyak lainnya

Oke, semoga artikel ini bermanfaat, dan jika dirasa bermanfaat silahkan share ke teman teman anda. salam saya Didik Arwinsyah SEO.

Baca Juga :

 

LEAVE A REPLY